Apa yang dimaksud dengan pernyataan:”Sel tumbuhan unik karena dikelilingi oleh dinding sel yang kaku”. Sebutkan lima fungsi dari dinding sel tumbuhan! Sebutkan empat komponen strukutral dinding sel primer!

Jawab :

Pernyataan bahwa ‘sel tumbuhan unik karena dikelilingi dinding sel yang kaku’ erat kaitannya dengan sifat sel tumbuhan yang dikendalikan oleh dinding sel itu sendiri. Seperti yang telah diketahui bersama, pada sel tumbuhan terdapat dinding sel yang kaku, sedangkan pada hewan dan manusia tidak terdapat dinding sel, hanya membran sel.
Keberadaan dinding sel yang kaku ini menyebabkan sel tumbuhan memiliki bentuk yang pasti, tidak seperti sel hewan dan manusia yang dapat berubah. Tentunya hal ini berpengaruh pada ukuran sel yang pasti (dan dapat mengalami lisis jika material lain dalam sel berkembang besar melebihi batas toleransi). Hal ini memengaruhi pula pada pergerakan tumbuhan yang tidaklah sebebas hewan dan manusia. Dinding sel sendiri dapat mengalami beberapa modifikasi, disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan sel.
Secara umum, keberadaan dinding sel menyebabkan sel tumbuhan sangat berbeda dengan sel hewan dan manusia, hal tersebutlah yang menjadikan sel tumbuhan istimewa. Dinding sel melindungi tumbuhan dan memastikan bentuknya.

Lima fungsi dari sel tumbuhan antara lain sebagai:
- pemberi bentuk pada sel,
- memperkuat sel,
- pelindung sekaligus jalur transportasi keluar-masuk sel,
- menentukan ciri sel,
- mencegah kehilangan air secara berlebihan.
Walaupun dinding sel mengakibatkan gerak sel tumbuhan terbatas, hal tersebut justru memberikan keuntungan karena dinding sel dapat memberikan dukungan, penyaringan, dan perlindungan bagi struktur sel lainnya.

Dinding primer adalah perkembangan dari lamela tengah yang telah mengalami perubahan primer terkait penebalan zat selulosa dan hemiselulosa. Empat komponen struktural penyusun dinding sel primer antara lain:
- selulosa,
- pektin,
- hemiselulosa,
- beberapa polisakarida lainnya.


Pages

Archives

c a l e n d a r

May 2014
S M T W T F S
« May    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Badge Farm

  • Firefox 2
  • CSSEdit 2
  • Textmate
  • Powered by Redoable 1.0